Cara Install Dot Net Framework 3.5 Secara Offline Di Windows 8/8.1/10 | Box Markah IT
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Install Dot Net Framework 3.5 Secara Offline Di Windows 8/8.1/10

Microsoft .Net Framework (dibaca Microsoft Dot Net Framework) atau umum dikenal dengan istilah lebih pendek yaitu Dot Net merupakan frameware kerja dasar bawaan dari Windows, yang menjadi dasar oprasional dari berbagai aplikasi yang menggunakan basis programnya. Dot Net 3.5 merupakan versi yang terbilang cukup lama, karena hingga saat tulisan ini ditulis sudah ada 3 versi di atasnya (sebenarnya ada banyak lagi kalau angka minor juga dihitung), yaitu versi 4.5 yang pertama hadir pada Windows 8 dan 8.1, versi 4.6 pada Windows 10 beta, RTM/final pertama yaitu build 1240, hingga Anniversary 1607, dan terakhir versi 4.7 yang hadir pada system operasi Windows 10 RS3 hingga saat ini build 1809 (RS5). Akan tetapi, mungkin karena Dot Net 3.5 merupakan versi yang cukup setabil sehingga sampai sekarang masih banyak program aplikasi yang menggunakannya sebagai basis program. Tetapi bisa juga karena memang sudah lama eksis, sehingga para pengembang lebih terbiasa dengan lingkungan pemrograman Dot Net 3.5 dibandingkan dengan versi yang terbaru, atau mungkin sebab lain.
Thumbnail posting cara memasang Dot Net Framework 3.5 di Window 7/8/8.1/10
Hal tersebut menjadi masalah yang besar bagi agan yang merupakan user Windows versi baru (Windows 8/8.1/10). Karena Windows versi tersebut sudah menggunakan Dot Net 4.5 ke atas dan tidak membawa dukungan untuk versi 3.5 (kecuali Windows modifikasi). Alhasil hal tersebut memaksa kita untuk memasangnya secara mandiri. Untuk memasang Dot Net 3.5 agan tidak perlu repot lagi mengunduhnya apabila agan memiliki file ISO installer Windows, karena di dalamnya sudah ada komponen-komponen penyusun Dot Net 3.5 dengan bantuan toolkit untuk dipergunakan memasang Dot Net 3.5.

Cara memasang Dot Net 3.5

  1. Pertama, buatlah folder bernama SOURCES pada drive C:/D:/E: terserah bebas, saya misalkan di D:, maka akan menjadi D:\SOURCES
  2. Kemudian, buka file ISO installer Windows, cari Folder bernama SOURCES
  3. Masuk ke dalam folder tersebut pasti akan menemukan folder bernama SXS
  4. Jika sudah menemukan, silahkan salin folder SXS beserta isinya ke folder SOURCES yang telah dibuat dilangkah pertama, sehingga menjadi D:\SOURCES\SXS.
  5. Lalu jalankan toolkit Microsoft.NET Framework 3.5 offline Installer (download di bawah) dengan cara klik kanan dan pilih Run as administrator.
  6. Perhatikan pada Installation Settings, pada Installation Media (Virtual) Drive pilih sesuai dimana agan meletakan folder SOURCES tadi, misalkan ada di D:\. Maka Installation Source lokasinya akan mengikuti menjadi D:\Sources\sxs seperti pada gambar. Sebenarnya bisa menggunakan browse tapi biar lebih mudah dan meminimalisir kegagalan akibat direktori yang terlalu kompleks.
    mengatur toolkit installer dot net 3.5 agar terarah ke drive yang berisi folder sources dan sxs
    Peletakan SXS ke direktori sources dan pengaturan toolkit
  7. Kemudian klik Install untuk memulai pemasangan, tunggu hingga selesai sehingga muncul pop-up notifikasi installed successful seperti pada gambar
    proses install Dot Net 3.5 yang dilakukan toolkit dot net offline installer
    Proses install
  8. Dot Net 3.5 berhasil dipasang
NB*
  • Bagi agan yang tidak memiliki file master Windows, tidak usah berkecil hati. Di akhir tulisan saya sediakan archive folder SXS dari beberapa versi Windows, pilihlah sesuai versi dan bit Windows agan. Ekstrak archive ke drive, lakukan seperti langkah ke-4 dan seterusnya
  • Jika ingin menampilkan proses persentase install, setting terlebih dahulu pada Configuration dan pilih pada opsi show installation process

Install Dot Net 3.5 Cara simpel

Ini hanya berlaku bagi yang punya file ISO master Windows
  1. Pertama, cari direktori dimana agan menyimpan file ISO Windows
  2. Jika sudah ketemu, cukup mount file ISO installer Windows, maka akan muncul sebagai drive pada Explorer. Cara mount file ISO cukup double klik atau klik kanan file ISO lalu pilih mount (hanya berlaku untuk Windows 8/8.1/10, Windows 7 perlu aplikasi tambahan seperti PowerISO, UltraISO, dsb.)
  3. Jalankan toolkit Microsoft.NET Framework 3.5 offline Installer dan arahkan ke drive mounted ISO installer Windows. Dari situ tidak perlu otak-atik lagi karena address target sudah sesuai, misal E:\sources\sxs
    Menyamakan target drive pada toolkit dot net 3.5 instaler ke file ISO Windows yang ter-mount sebagai drive
    Mengarahkan toolkit installer Dot Net 3.5 ke mounted ISO Windows
  4. Selanjutnya, bisa langsung klik Install untuk memulai proses
Untuk yang tidak memiliki file ISO master Windows bisa download file SXS nya di bawah ini.
LINK DOWNLOAD SXS WINDOWS
Nama File ArchitectureLink
Windows 8 32bit GDrive
64bit GDrive
Windows 8.1 32bit GDrive
64bit GDrive
Windows 10 32bit GDrive
64bit GDrive
Tool Installer Password: Box-MIT 99GDrive
Bagi yang sudah terbiasa menggunakan CMD dan mau repot sedikit demi menghemat kuota beberapa KB bisa menggunakan perintah CMD berikut untuk memasang NET Framework 3.5 secara offline.
  • Command DISM.exe /Online /Enable-Feature /FeatureName:NetFx3 /All /Source:X:\sources\sxs /Limitaccess
  • Perhatikan pada X, sesuaikan dengan letter drive file SXS itu berada
  • Pastikan CMD dijalankan dengan Run as administrator
  • Demikian tulisan saya kali ini mengenai Cara Install Dot Net Framework 3.5 Secara Offline Di Windows 8/8.1/10, semoga bermanfaat. Apabila ada kesukaran/atau hal yang sulit dipahami, mari diskusikan di kolom komentar.
    Referensi: Wikipedia
    Sutan S.
    Sutan S. I was a shy person and full imagination also hopes to be realized.
    Show comments
    Hide comments

    18 comments for "Cara Install Dot Net Framework 3.5 Secara Offline Di Windows 8/8.1/10"

    1. Bikin video dong min biar lebih mudah, pleasee yaa

      ReplyDelete
      Replies
      1. hehehe saya buat blog begini gara-gara ga PD kalau ngomong lisan. Sehingga saya pilih blogger yang merupakan platform dengan penyampaian bahasa tertulis :) tapi jika dengan screen shoot yang ada tidak cukup utk menambah pemahaman, nanti insya Allah saya berusaha untuk membuatkan.

        Delete
    2. DISM.exe /Online /Enable-Feature /FeatureName:NetFx3 /All /Source:X:\sources\sxs /Limitaccess


      ERROR mas, keluarnya begini:

      DISM.exe /Online /Enable-Feature /FeatureName:NetFx3 /All /Source:X:\sources\sxs /Limitaccess

      ReplyDelete
      Replies
      1. mohon dibaca baik-baik gan petunjuknya, perhatikan pada X nya. Silahkan gantihuruf X sesuai dengan later (huruf) dari drive dimana agan meletakan folder SOURCES nya. Misal di D: maka diganti menjadi:
        DISM.exe /Online /Enable-Feature /FeatureName:NetFx3 /All /Source:D:\sources\sxs /Limitaccess
        semoga berhasil :)

        Delete
    3. Solved error 0x800f081f done, . sudah terinstal 3.5. akhirnya...... sangat bermanfaat terimakasih bang.

      ReplyDelete
    4. pilihan Run as administratornya di mana gan?
      :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. pertama harus download dulu file sxs dan tool yang saya berikan. untuk menjalankan tool yang saya berikan itu ga bisa dengan double klik aja, tapi kudu di klik kanan dulu n pilih run as admin, tool yg saya share saya bungkus menjadi archive zip, maka harus di ekstrak dulu agar menjadi exe. nah yg di klik kanan tuh tool dalam bentuk exe nya (yg dah diekstrak). "cara ekstrak gimana?" klik kanan->ekstrak bisa, dengan double klik->ekstrak isinya juga bisa... (ketika ditanyakan passwords masukan dg passwords di atas)

        Delete
    5. Step-stepnya belum bisa saya terapkan kan gan.
      maaf, karena bahasa masih terlalu sulit untuk saya ikuti langkahnya, mohon jika berkenan dibuatkan video atau screen shoot langkah-langkahnya gitu.
      terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. ya kalau gambar2 banyak ga ngefek ke loading page mungkin bisa lengkap sih. sayangnya banyaknya gambar akan menghambat kecepatan loading halaman (selain itu akan menjadi boros kuota pembaca), dan itu buruk di mata pembaca (banyak yg males nungguin dan kabur). kata2 saya sudah saya usahakan sangat sederhana, kalau bacanya ga buru2 dijamin bisa. cuman ya harus tahu istilah2, dan langkah yang tidak saya cantumkan. seperti itu pd tool installernya, semua org dah tahu app windows formatnya exe dan zip, 7z, rar, dll itu file archive, untuk menjalankan tool yg dibungkus archive bisa langsung double klik atau pun diekstrak dulu, dan hal itu tdk perlu saya jelaskan karena dah jd pemahaman dasar cara packing dan unpacking file archive. untuk sisanya kurasa sudah sangat cukup dijelaskan dengan kata2.
        jika ada kebingungan silahkan sebutkan saja di bagian mana, nanti insya Allah saya jelaskan

        Delete
    6. Mau tanya, kalau punyanya installer win 7, didalemnya juga ada file sxs dotnet3.5 ga? Trus semisal saya install ulang pakai installer tersebut, dotnet3.5nya otomatis terinstall ngga ya? Saya punya masalah di win 7 sp1 terkait dotnet3.5 tapi ga yakin masalahnya benar2 dari sini atau ngga

      ReplyDelete
      Replies
      1. setau saya ada juga folder sxs nya di Win 7, tapi yang original ya bukan AIO. kalau yang AIO biasanya sudah dimodif sehingga dot NET 3.5 akan otomatis terinstal ke sistem, ga cuma Win7 tapi win8/8.1/10 juga sama kalau AIO biasanya sudah dirubah. Saya juga pernah pasang dot net 3.5 pake folder sxs di Win7, alkhamdulillah bisa. munculnya cara ini adalah karena di dulu sejak win 8, ketika install dot net 3.5 ini diwajibkan online meski pun installer dot net 3.5 yg di unduh adalah offline installer.
        perlu dikoreksi, ga "otomatis bisa" gan, tapi harus mengikuti cara di atas... jadi setelah install ulang windows, agan harus melakukan langkah2 di atas. Kecuali agan memakai Win7 AIO, karena oleh pembuatnya biasanya sudah ditambahkan config agar otomatis terpasang dot net 3.5

        Delete
      2. Mantap jawabannya, detil dan solutif, terimakasih gan 😁👍

        Punya saya isinya config, berarti AIO sepertinya. Harusnya sudah benar berarti ya.

        Izin bookmark situsnya gan, kalo masalah saya blom beres soal ini mohon bantuannya lagi ya 😁🙏

        Delete
      3. siaaap, saya bantu sebisanya :) hehehe
        btw untuk mengecek versi dot net yang terpasang, agan bisa cek di Control Panel >> Programs >> klik pada Trun Windows features on or off, tunggu kejap. nah kalau di net 3.5 terceklis/dimark hitam tandanya dah aktif

        Delete
    7. salam pak, terimakasih atas panduannya
      tapi saya ada masalah pak, sudah muncul pop up "microsoft.net framework 3.5 was installed succesfully" tapi koq saya cek di menu turn on/off windows featurenya , framework 3.5 belum terpasang ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. salam juga bang, saya juga kadang mengalami hal ini. Saya juga bingung ketika kadang di versi Windows yang sama menunjukan perbedaan seperti itu. Solusi yang saya lakukan biasanya merubah command nya. Caranya di aplikasi, masuk ke menu Configuration, di Installation command, cari tulisan /source:"x:\sources\sxs". nah hapus saja tanda " (petiknya), dan lakukan install seperti biasa. Jika tetep coba direstart dulu. dan coba dilakukan juga dengan CMD.
        semoga solve gan...

        Delete