Rufus Terbaru | Box Markah IT
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rufus Terbaru

Rufus adalah utilities yang dibuat untuk membantu kita dalam memformat dan membuat USB device menjadi bootable device seperti flash disk, SD Card, dll . Rufus merupakan salah satu aplikasi yang sifatnya free app sehingga kita dapat menggunakan atau membagikannya tanpa harus membeli lisensi Rufus juga tidak menarik atau menerima donasi dari penggunanya namun jika anda benar-benar bersikeras, anda dapat memberikan donasi anda pada Free Software Foundation, seperti yang dijelaskan pada situs resminya. Rufus akan sangat berguna ketika kita akan membuat media installer USB dari file ISO bootable (Windows, Linux, Chrome, dll), membuat live OS ketika kita butuh untuk mengerjakan sesuatu dalam sistem yang tidak terpasang OS, mungkin kita ingin melakukan flash BIOS atau firmware lain yang perlu dijalankan dibawah system DOS, atau mungkin juga kita ingin menjalankan utilities low-level. semua itu dapat kita lakukan dengan mudah menggunakan Rufus. Rufus dapat menjadi salah satu alternatif kita dalam membuat flash disk bootable, karena termasuk jenis aplikasi portable membuat Rufus lebih mudah dalam penggunaannya sebab kita dapat langsung menjalankan rufus tanpa harus repot menginstallnya terlebih dahulu, dan dapat kita bawa kemana pun jika mungkin diperlukan di tempat kerja atau ingin membagikannya dengan teman karena size nya yang kecil. meskipun berukuran kecil kemampuan Rufus patut diacungi jempol, karena Rufus lebih cepat dalam formating dan unpack data ISO dari aplikasi sejenisnya, developernya mengatakan Rufus 2x lebih cepat dibanding UNetbootin, Universal USB Installer atau Windows 7 USB download tool, dalam membuat media instalasi USB Windows 7 dari file master ISO. Rufus juga sedikit lebih cepat dalam membuat USB bootable Linux dari file ISO. untuk gambar dan lebih jelasnya bisa ke sini.
Seperti penjelasan di atas, Rufus juga menyediakan fitur free DOS dan MS-DOS yang dapat kita gunakan untuk membuat DOS bootable flash disk or etc. Ketika kita akan flashing BIOS seperti pada artikel berikut Cara Flashing BIOS (Axioo NEON RNE Chipset HM77)  atau ingin menjalankan aplikasi under DOS untuk keperluan debugging, atau mungkin juga untuk keperluan lain.

Catatan pada dukungan DOS

Jika Anda membuat perangkat bootable DOS dan menggunakan keyboard non-US, Rufus akan mencoba untuk memilih tata letak keyboard sesuai dengan locale sistem Anda. Dalam hal ini,FreeDOS yang merupakan pilihan standar lebih direkomendasikan daripada MS-DOS, karena mendukung lebih banyak tata letak keyboard.

Catatan pada dukungan UEFI & GPT

Sejak versi 1.3.2, Rufus mendukung UEFI dan GPT untuk media instalasi, yang berarti Rufus memungkinkan Anda untuk menginstal Windows 7, Windows 8 atau Linux dalam mode EFI penuh.
Namun, Windows Vista atau yang lebih baru memerlukan dukungan UEFI/GPT penuh. Karena keterbatasan OS, Windows XP dilarang membuat perangkat bootable UEFI pada mode MBR.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Rufus dapat dilihat pada proyek github.

Silahkan download program Rufus dibawah ini
Nama File
Link
Rufus List Official With FreeDOS

       Sekian tulisan saya mengenai Rufus 2.8 Terbaru (Update Maret 22, 2016). Apabila ada salah-salah kata saya mohon maaf. Terimakasih dan semoga membantu anda.
Source: Rufus
Sutan S.
Sutan S. I was a shy person and full imagination also hopes to be realized.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Rufus Terbaru"